PENYELENGGARAAN F1H20 POWER BOAT LAKE TOBA BALIGE KABUPATEN TOBA 2023

  • Feb 27, 2023
  • Admin Pardinggaran

Untuk pertama kalinya, ajang balap perahu F1H2O/Powerboat digelar di Danau Toba, 24 - 26 Februari 2023.

Masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Toba boleh berbangga karena selain memiliki danau vulkanik terbesar di dunia yang menyajikan pemandangan indah, kini di tempat itu juga digelar ajang internasional. Ya, untuk pertama kalinya, ajang balap perahu F1H2O/Powerboat digelar di Danau Toba, Minggu, 26 Februari 2023.

Kehadiran ajang balap perahu berskala internasional membuat masyarakat Provinsi Sumatra Utara, khususnya mereka yang tinggal di sekitar Danau Toba, merasa bangga. Pada ajang pergelaran Internasional event F1 Powerboat atau F1H2O, masyarakat Balige, Kabupaten Toba, pun tidak ketinggalan dan turut serta mengambil bagian. Ajang balapan itu terasa betul dampaknya pada masyarakat Balige, khususnya pada sektor perekonomian UMKM. Pada hari jelang balap ini, tampak banyak pengunjung yang memadati kawasan pinggir Danau Toba. Warung, stan, dan tenda yang berada di pinggir jalan tampak dipadati para pengunjung. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi kontribusi dan dukungan masyarakat Balige atas pelaksanaan F1H20. "Hari ini kami melihat dimana mana orang-orang senang menjadi bagian acara ini," kata Luhut, pada konferensi pers di Media Center F1 Powerboat, Jum'at (24/02/2023). Luhut bahkan memprediksi akan ada perputaran ekonomi sebanyak Rp300 miliar. Bahkan menurutnya bisa lebih besar lagi. Para warga Toba tersebut memiliki keinginan yang sama, yakni agar keindahan Danau Toba bisa lebih dikenal oleh wisatawan baik nasional maupun mancanegara. Mereka pun mengajak masyarakat untuk berwisata ke Danau Toba.

Harapannya kita, dengan adanya event yang baru pertama sekali dilaksanakan di Danau Toba ataupun Indonesia ini, memberikan dampak lainnya kepada masyarakat khususnya untuk kemajuan pariwisata Danau Toba khususnya pariwisata di Balige.

Jokowi Serahkan Trofi ke Pemenang F1 Powerboat 2023 di Danau Toba 

Bartek Marszalek berhasil menjadi juara F1H2O atau F1 Powerboat Danau Toba 2023. Ia pun memuji arena balap di Danau Toba yang menurutnya berbeda dibanding lokasi biasanya.
Bartek menyebutkan, Ia sangat menyukai karakteristik Danau Toba sejak awal mengendarai superboat miliknya di atas danau.

"Air (Danau Toba) di sini sangat bagus. Aku sangat suka airnya, aku rasakan sejak lap pertama. Aku bilang 'Wow', kita biasanya balap di air asin, tapi aku lebih milih jenis air Danau Toba ini. Sejak hari ini, air favoritku adalah Danau Toba," ungkap Bartek.
Menariknya, kemenangan Bartek di Danau Toba ini menjadi kemenangan perdana baginya sejak debut di F1H2O tahun 2011 dengan menduduki klasemen terakhir. Kemudian pada musim lalu, dirinya menduduki posisi ke 7. "Ini kemenangan perdanaku di negara yang indah dengan orang-orang terbaik di sini. Saya menantikan untuk kompetisi berikutnya di Danau Toba," ujarnya.
Sebelumnya, Bartek berhasil mencatat kemenangan pada race pertama dengan berhasil mengitari 18 lap dengan 20 poin. Menggunakan powerboat dengan nomor77, Bartek berhasil mencuri perhatian dengan aksi mengagumkan.
Sementara itu pada posisi kedua ditempati oleh Sami Selio dengan perbedaan 1,97 detik dengan 15 poin.

Dengan capaian tersebut, Bartek Marszalek yang berasal dari Polandia berhasil mengantongi 20 poin dan duduk di puncak klasemen sementara F1H2O musim balap 2023. Sementara Sami Seliö dan Eric Stark berada di posisi kedua dan ketiga dengan nilai masing-masing 15 dan 12 poin.

Berikut hasil race 1 putaran pertama Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba:

  1. Bartek Marszalek (Polandia) Stromoy Racing F1H2O Team - 18 lap - 20 poin
  2. Sami Selio (Finlandia) Sharjah Team - 18 lap - 15 poin
  3. Erik Stark (Swedia) Victory Team - 18 lap - 12 poin
  4. Peter Morin (Prancis) China CTIC Team - 18 - 9 poin
  5. Thani Al-Qemzi (UEA) Team Abu Dhabi - 18 lap - 7 poin
  6. Brent Dillard (AS) China CTIC Team - 18 lap - 5 poin
  7. Filip Roms (Finlandia) Gillman Racing - 18 lap - 4 poin
  8. Jonas Andersson (Swedia) Team Sweden - 18 lap - 3 poin
  9. Shaun Torrente (AS) Team Abu Dhabi - 17 lap - 2 poin
  10. Ahmad Al Fahim (UEA) Victory - 17 - 1 poin
  11. Alexandre Bourgeot (Prancis) Maverick Racing - 17 lap
  12. Alberto Comparato (Italia) Comparato F1 - 17 lap
  13. Cedric Deguisne (Prancis) Maverick Racing - 17 lap
  14. Kalle Viippo (Finlandia) Team Sweden - 17 lap
  15. Duarte Benavente (Portugal) F1 Atlantic Team - 17 lap
  16. Ferdinand Zandbergen (Belanda) Team Sweden - 13 lap
  17. Ben Jelf (Inggris) F1 Atlantic Team - 10 lap
  18. Marit Stromoy (Norwegia) Stromoy Racing F1H2O - 4 lap
  19. Brock Cohen (Australia) Comparato F1 - 1 lap
  20. Alec Weckstrom (Finlandia) Gillman Racing - Tidak start