Desa Pardinggaran Mendunia, Mahasiswa Belanda Lakukan Penelitian Pariwisata

  • May 24, 2023
  • Admin Pardinggaran

Rabu 24 Mei 2023, Pemerintah Desa Pardinggaran mendapat kunjungan dari salah satu mahasiswa Belanda yang sedang melakukan penelitian terkait pariwisata "the New Bali" di Danau Toba. Saat tiba, Kepala Desa beserta perangkat Desanya memberikan sambutan "Batak Naraja" yang sudah menjadi ciri khas masyarakat khususnya suku Batak Toba.

Vivian Termaat (21) merupakan mahasiswa dari Belanda yang tengah mengerjakan projek Tesisnya untuk menyelesaikan program Magister of Tourism. Dalam wawancaranya, Vivian Termaat memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan persiapan Danau Toba khususnya Desa Pardinggaran dalam memperisapkan "Bali Baru" seperti yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat dalam program Destinasi Super Prioritas Nasional. Pertanyaan tersebut dijawab baik dan tepat oleh Kepala Desa Pardinggaran, Adil Pangaribuan.

Adil Pangaribuan menyampaikan visi dan misinya untuk dapat membangun Desa Pardinggaran agar dapat menjadi Desa mandiri dalam sektor ekonomi di bidang pertanian dan pariwisata.

Bukan hanya sekedar wawancara, Vivian dibawa untuk melihat potensi pariwisata yang ada di Desa Pardinggaran. Vivian mendapatkan perlakuan layaknya wisatawan, dengan melihat secara langsung potensi pertanian dan aktivitas menenun yang dapat menjadi atraksi wisata yang seru dan menarik bagi wisatawan.

Selain itu, vivian juga bertemu dengan anak-anak Desa Pardinggaran yang mulai aktif belajar bahasa inggris guna menunjang sumber daya manusia yang kompeten dalam mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan (sustainable of tourism).

Pemerintah Desa Pardinggaran berharap dengan adanya kunjungan penelitian seperti ini dapat membawa dampak positif yang mendorong kemajuan bagi Desa Pardinggaran.