Program Pemberdayaan BSPS Sukses, PPK Rumah Swadaya dan RUK Sumatera Utara pada BP2P Sumatera II Lakukan MonEv di Desa Pardinggaran

  • Nov 26, 2023
  • Admin Pardinggaran

Sabtu 25 November 2023, Berselang lima puluh hari setelah dilakukannya Pemilihan Terbuka Toko  (PTT) untuk Penerima Bantuan Program BSPS 2023 di Desa Pardinggaran, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PPK Rumah Swadaya dan RUK Sumatera Utara pada BP2P Sumatera II Bapak Iryanto Sirait, Koordinator Kabupaten Renova Simanjuntak, Fasilitator Pemberdayaan Verawati Hutahaean melakukan kunjungan guna monitoring dan evaluasi (MonEv) terhadap pembangunan unit rumah yang masih berlangsung, turut pula didampingi Kepala Desa Pardinggaran Adil Pangaribuan dan Ketua KPB Darwis Pangaribuan.

Adapun 3 rumah PB yang dikunjungi memiliki latar belakang masing-masing seperti, rumah Pargaulan Pangaribuan yang telah rampung 100%, rumah Kasman Panjaitan dimana seluruh keluarga saling tolong-menolong dalam pendanaan pembangunan yang mencapai Rp.70.000.000,- (Tujuh Puluh Juta Rupiah), dan yang terakhir rumah Hotbin Pangaribuan yang belum mengalami progres dikarenakan adanya kendala yang berarti.

Dari hasil kunjungan ini, Iryanto Sirait dapat melihat kesungguhan PB dalam menjalankan program BSPS yang ada di Desa Pardinggaran dimana unsur pemberdayaan masyarakat; pemilihan toko, kriteria bahan dan bangunan, swadaya, serta gotong royong antar tetangga yang dinilai sangat baik. 

Dalam kesempatan ini Iryanto Sirait menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa yang turut mendampingi Program BSPS ini yang dinilai berhasil karena telah memenuhi unsur pemberdayaan yang dimaksud, adapun kendala yang dialami salah satu PB akan ditindaklanjuti oleh Iryanto Sirait selaku PPK dan akan menyampaikan keputusan di waktu mendatang.

Kepala Desa Pardinggaran turut mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR beserta Dinas terkait yang telah memberikan Program BSPS di Desa Pardinggaran karena telah meningkatkan pemberdayaan dan kemajuan bagi masyarakat di Desa Pardinggaran. Bersama dengan program-program Pemerintah lainnya, Kepala Desa yakin akan dapat membawa kemajuan bagi Desa Pardinggaran menuju desa yang mandiri.

Sebagai bentuk apresiasi persahabatan, Iryanto Sirait memberikan Topi yang berlogokan BSPS kepada Kepala Desa Pardinggaran. (Humas Pemerintah Desa Pardinggaran)

Berikut progres pembangunan per tanggal 22 November  2023, Desa : Pardinggaran
Jlh PB : 20
Jlh Progres 0-29 % = 1 PB
Jlh Progres 30 % : 2 PB
Jlh Progres diatas 30% : 11 PB
Jlh 100 % = 6 PB (Sumber : Koordinator Kabupaten)