Program BSPS Dimulai! Penyedia Berlomba Berikan Penawaran Harga Secara Terbuka

  • Oct 06, 2023
  • Admin Pardinggaran

Jum'at 06 Oktober 2023, Setelah berproses menanti program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2023, akhirnya Program BSPS di Desa Pardinggaran memasuki tahap pemilihan Toko Bahan Bangunan sebagai penyedia yang dilaksanakan di Kantor Desa Pardinggaran. Acara Pemilihan Terbuka Toko penyedia ini dihadiri oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera Utara II Bapak Iryanto Sirait, Kepala Desa Pardinggaran Bapak Adil Pangaribuan, Koordinator Kabupaten, Tenaga Fasilitator Lapangan, serta masyarakat penerima bantuan BSPS.

Desa Pardinggaran Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba merupakan satu dari 3 Desa beruntung di Kecamatan yang sama yang mendapatkan Program BSPS dari Kementerian PUPR, dengan total 20 Penerima Bantuan (unit rumah) masing-masing mendapatkan dana program sebesar Rp. 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah) terdiri dari Rp.17,5 JT Bahan Bangunan dan Rp.2,5 JT Upah Tukang sebagai stimulan merangsang keswadayaan dan gotong royong masyarakat. Besaran dana tersebut telah disalurkan melalui akun rekening Bank penerima bantuan. Dalam kata sambutannya, Kepala Desa Pardinggaran menyampaikan harapannya terhadap Program BSPS yang diharapkan dapat meningkatkan kwalitas rumah layak huni bagi masyarkat Desa Pardinggaran khususnya penerima bantuan.

Untuk memenuhi unsur utama kegiatan ini, Panitia Kelompok telah mengundang sebanyak 7 Toko Bahan Bangunan yang tersedia di Kecamatan Laguboti, 4 diantaranya hadir yakni; UD. Lindur Plan, CV. Usaha Muda, CV. Kembar Marito, dan UD. Ovadya, yang masing-masing membawa persyaratan administrasi pendukung.

Kegiatan tersebut mengusung sistem transparansi atau informasi terbuka yang dapat diakses oleh masyarakat penerima bantuan secara langsung, guna mendapatkan penyedia yang menawarkan harga bahan bangunan paling rendah dan sesuai dengan kwalitas yang disepakati pada Program BSPS dengan total nilai pagu sebesar Rp. 350.000.000,- (Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah). Hasil dari musyawarah dan penawaran terbuka dari pihak penyedia, Panitia Pemilihan telah menetapkan CV. Kembar Marito sebagai pemenang penyedia bahan bangunan pada program BSPS di Desa Pardinggaran dengan penawaran harga paling rendah diantara penyedia lainnya.

Dengan adanya kegiatan Pemilihan Terbuka Toko ini masyarakat sangat senang karena dapat menggunakan anggaran sesuai dengan harga kesepakatan dengan toko. PPK BPPP Sumatera Utara  II Bapak Iryanto Sirait menyampaikan, dengan adanya keterbukaan informasi ini maka diharapkan menjadi pembelajaran baik bagi semua pihak, diantaranya; meningkatkan pemberdayaan bagi masyarakat, persaingan secara sehat bagi pengusaha material, hingga transparansi informasi anggaran dari Pemerintah tingkat Desa guna menghilangkan praktik-praktik yang menimbulkan kecurigaan pada setiap program Pemerintah yang hadir di tengah-tengah masyarakat.

Menutup pertemuan tersebut, Bapak Iryanto Sirait menyampaikan sebuah pesan yakni :
Ilmu untuk Kemanusiaan, Melayani dalam Cahaya Kebenaran Tuhan Pasti Memberkati.

(Humas Pemerintah Desa Pardinggaran)