Peringati Hari Ulos Nasional, Pemerintah Desa Pardinggaran Kenakan Ulos

  • Oct 16, 2023
  • Admin Pardinggaran

Sejak tahun 2015, tepatnya tiap tanggal 17 Oktober pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan sebagai Hari Ulos Nasional.  Sesuai arahan Sekretariat Toba dalam menyambut Hari Ulos Nasional, Senin 16 Oktober Seluruh jajaran Pemerintahan Daerah hingga Pemerintah Desa diwajibkan mengenakan pakaian bernuansa Ulos Batak.

(Humas Pemerintah Desa Pardinggaran)

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui sejarah dan makna yang terkandung dari sebuah kain ulos. Ulos merupakan kain tenun khas Batak berbentuk selendang yang secara harafiah memiliki arti selimut yang menghangatkan tubuh dan melindungi dari udara dingin. Dalam kepercayaan suku Batak terdapat tiga unsur yang dapat memberikan aliran udara panas kepada manusia yaitu matahari, api dan ulos. Dari ketiga unsur tersebut, ulos lah yang dianggap sebagai sumber panas paling nyaman untuk kehidupan manusia sehari-hari.

Ulos memiliki makna yang sangat mendalam dalam kehidupan orang Batak dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan adat istiadat suku Batak. Dalam kehidupan adat istiadat Batak dikenal istilah Mangulosi, yaitu memberikan ulos. Disini bukan hanya sekadar memberikan ulos semata, namun makna yang terkandung adalah pemberian restu, curahan kasih sayang, harapan dan kebaikan-kebaikan lainnya. Oleh karenanya dalam ritual mangulosi tidak sembarang orang dapat melakukannya. Ada beberapa pakem yang harus diketahui dan dipahami agar tidak salah dalam melakukan mangulosi. Misalnya orang yang berhak melakukan mangulosi adalah mereka yang secara tutur atau silsilah turun temurun berada di bawah, seperti mangulosi dari orang tua kepada anaknya. Tapi sebaliknya anak tidak boleh mangulosi orang tua. (Sumber : https://kumparan.com/husni-fatahillah-siregar/selamat-hari-ulos-nasional-horas-1uPURZ97c5v/full )