Rencana Revitalisasi Saluran Irigasi, PemDes Tinjau Langsung Bersama Konsultan

  • Nov 02, 2023
  • Admin Pardinggaran

Rabu, 02 November 2023; Atas aduan masyarakat terkait saluran irigasi rusak yang diakibatkan bencana alam, berada di areal persawahan Sibatu Dusun 3 Pardinggaran Tonga Desa Pardinggaran Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba, Pemerintah langsung turun tangan untuk melakuan tinjau langsung bersama Konsultan Teknik.

Kerusakan yang ditimbulkan cukup membuat dampak yang signifikan terhadap proses pertumbuhan benih yang baru berumur kurang dari 1 bulan, dimana air yang mengalir tepat diatas sawah langsung mengalir ke sawah serta merta mengakibatkan sawah yang tergenang, dan hal tersebut jika terus menerus dibiarkan akan berakibat gagal panen.

Setelah ditinjau dan dilakukan pengukuran bersama Pemerintah Desa dan Konsultan Teknik kerusakan diperkirakan lebih dari 30 meter, rencananya pembangunan fisik revitalisasi saluran irigasi akan segera dilakukan di Tahun Anggaran 2023, sesuai dengan rencana Rancangan Perubahan APBDES 2023. Sembari menanti pembangunan fisik, Pemerintah Desa telah melakukan antisipasi dengan menyambungan pipa diantara saluran irigasi yang terputus guna mengalirkan air agar tidak langsung merembes ke sawah masyarakat. (Humas Pemerintah Desa Pardinggaran)