Tingkatkan Kualitas Pariwisata Dan Pertanian, Pardinggaran Sampaikan Aspirasi Pada Reses DPRD Toba

  • Oct 13, 2023
  • Admin Pardinggaran

Jum'at, 13 Oktober 2023; Melalui Undangan Kecamatan Laguboti pada hari ini Seluruh Jajaran Pemerintah Desa menghadiri Rapat Reses II (Kedua) DPRD Kabupaten Toba.

Dalam rangka menampung aspirasi Masyarakat,  Wakil Rakyat yang berada di Daerah Pemilihan V (Dapil Lima) menggelar Reses II (Kedua) atau yang terakhir di Tahun 2023 di Aula Kecamatan Laguboti dengan mengundang Pemerintahan Desa yang ada di Kecamatan Laguboti, Sigumpar, dan Silaen, Instansi Pendidikan serta Instansi Kesehatan. Dihadiri oleh Forkopimca Laguboti; Camat Laguboti ibu Aprilla Nessy Tampubolon, S.H., M.Si., Koramil 16 Laguboti, Kepolisian Sektor Laguboti, dan 6 (enam) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Dapil V, yakni ;

  1. Parasian Tampubolon, S.T.
  2. Hendra Silaen.
  3. Betman Sitorus.
  4. Diama Aruan.
  5. Binsar Gultom, S.E.
  6. Tua Parasian Silaen, S.E.

Dalam kata sambutannya, Camat Laguboti menyambut baik kegiatan reses ini yang diharapkan dapat menampung serta merealisasikan aspirasi maupun usulan-usulan masyarakat yang disampaikan, terlebih mendorong secara maksimal kinerja DPRD Dapil V dimana tahun ini menjadi tahun terkahir menyambut tahun Kontestasi Politik di 2024 mendatang.

Dalam sesi tanya jawab dan diskusi yang dibagi menjadi 3 sesi; Pemerintah Desa Pardinggaran Kecamatan Laguboti menyampaikan aspirasi lisannya antara lain;

  • Pembangunan Irigasi Bondar Lohuk yang berada di Dusun 2 Pardinggaran Dolok, dengan panjang 1,5 - 2 Kilometer;
  • Jalan Aspal pada Lingkar Toba atau Jalan Pariwisata yang berada di Dusun 4 Pardinggaran Toruan, dengan panjang  750 Meter;
  • Revitalisasi Saluran Irigasi yang berada di Dusun 2 dan Dusun 3;
  • Penertiban/ Aturan pada sektor akses permodalan;
  • Aturan Pengelolaan Sampah di Tingkat Desa;
  • Peningkatan pemberdayaan perempuan di tingkat Desa;
  • Pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum di tingkat Desa, dimana Desa telah memiliki 15 titik Penerangan dari 30 titik tiang yang dimiliki.

Menjawab hal tersebut, Tua Parasian Silaen, S.E, menyampaikan bahwa di Tahun 2024, pembangunan Daerah akan difokuskan di Kecamatan Laguboti, oleh karena itu semua usulan-usulan akan ditampung dan diprioritaskan sesuai dengan Anggaran yang dimiliki oleh Kabupaten Toba. Terlebih di sektor lingkungan dimana aturan-aturan yang dapat meningkatkan kebersihan akan menjadi salah satu fokus Dewan pada rapat November mendatang.

Diama Aruan turut memberikan tanggapan atas aspirasi tersebut, dimana akses penerangan terutama dalam kawasan jalan lintas akan disampaikan pada Dinas terkait guna ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.

DPRD Dapil V juga turut membawa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) guna ditampung usulan tersebut, adapun OPD yang turut hadir yakni; Dinas PUTR Toba, Dinas Perkim Toba, Dinas Sosial Toba, Dinas Perindagkop Toba, Dinas Kesehatan Toba, Dinas Kominfo Toba, Dinas Pertanian Toba, BPBD Toba, dan Bappeda Toba.

Sebagai penutup acara, Camat Laguboti menyerahkan usulan-usulan secara simbolik kepada DPRD Dapil V.

(Humas Pemerintah Desa Pardinggaran)